Cara Partisi MicroSD Tanpa PC


Download Game Android Offline
Android memiliki kelebihan yaitu penyediaan Aplikasi yang banyak serta aplikasi yang selalu terupdate . Beragam aplikasi android yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda membuat para user android ingin meng instal berbagai macam aplikasi .

Kelemaha pada android , terutama pada galaxy young yaitu hanya memiliki internal yang sangat sedikit ( tidak mencukupi untuk menginstal banyak aplikasi ) . Jika terlalu banyak di instal aplikasi pasti akan muncul nontifikasi ‘ Internal Storage Full” untuk mengatasinya berikut ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara partisi MicroSD pada Android untuk menambah Internal di Galaxy Young.

Sebelum itu , saya akan memberi tahu kekurangan penambahan internal menggunakan Memory External ( MicroSD ) yaitu MicroSD yang telah di partisi sebagai penambah internal di lepas atau tidak terpasang saat menghidupkan Android , maka android akan bootloop . Solusi pasang MicroSD tersebut kembali ke Android maka booting akan Normal kembali .

Sebagai cara alternatifnya anda juga dapat mempelajari partisi menggunakan metode lain . Saya pernah memposting artikel cara partisi menggunakan Komputer yang lebih komplit dari cara ini di Blog ini .

Sebelum Partisi MicroSD anda perlu tahu GUNAKAN MICROSD MINIMAL CLASS 4. BACK UP DULU FILE PADA MEMORY (MICROSD) KARENA PADA PROSES INI AKAN MENGHAPUS SELURUH DATA PADA MICROSD/MEMORY EXTERNAL/SDCARD TERSEBUT . Langsung saja menuju tutorial cara partisi microSD untuk Menambah Internal & Menambah Ram ( Virtual Ram ) pada Galaxy Y :

1. Download dulu CWM untuk galaxy Y



2. Taruh CWM di luar folder SDCard agar dapat terbaca di Recovery, Matikan HH . Masuk ke Recovery Mode dengan cara tekan dan tahan Volume UP (+) + Home + Power secara bersama.

3. Setelah masuk Recovery Mode Galaxy Young maka akan tampak seperti gambar berikut . Ket : Touch Screen tidak berfungsi gunakan Vol Up ( Naik ) , Vol Down ( Turun ) , Home ( Pilih ) , Power ( Back ) Pilih Aplly Update from SD . Lalu pilih file CWM yang sudah di download tadi .

Recovery Mode Menu


4. Setelah pilih CWM maka layar Android berubah warna tulisan menjadi kuning seperti gambar berikut . Pilih yang paling bawah sendiri ‘Advanced

Download CWM Recovery.zip


5. Kemudian pilih ‘Partition SDCard

CWM Recovery Gayoung


6. Pilih Berapa MB yang ingin di jadikan internal, Saran saya untuk MicroSD 2GB ambil Internal idealisnya menambah 512M , jangan terlalu banyak pasti gak bakal berguna , secukupnya saja sesuai kebutuhan .

Partisi SD Card tanpa PC


7. Sekarang memilih Linux Swamp atau Virtual Ram , atau orang-orang sering menyebutnya menambah RAM . Saran saya cukup 256M karena terlalu banyak juga tidak akan berpengaruh besar terhadap Android , sesuai pengalaman yang saya rasakan.

Partisi Linux Swamp Via CWM

8. Kembali ke menu utama CWM dan pilihan yang paling atas ‘Reboot System Now”

9. Setelah reboot maka MicroSD berhasil di Partisi .

Tapi itu belum berarti jika Internal dan Ram sudah bertambah . Perlu ke langkah selanjutnya dulu untuk menambah internal , jika anda ingin menggunakan Link2SD caranya klik di sini . Jika anda ingin menggunakan cara EXT2 caranya Klik di sini .

Jika anda ceroboh dan mengalami kehilangan File karena tidak membaca seksama artikel di atas dan ke hilangan data karena memformat atau menghapusnya, anda bisa mengembalikan file yang hilang / ke hapus / ke format tadi menggunakan software komputer Recuva yang penjelasanya anda dapat lihat di Blog ini .

Contact Form

Name

Email *

Message *