Cara Mengatasi HP Android Yang Bootloop Tanpa PC


FullApkZ.com is a free information sharing site as well as a free publication application tool provided for public use. All apps approved to be shared on FullApkZ are the original FreeWare apps from app developers. Some posts are published by other authors on our website as well as some articles are permissions of our visitors so there is no possibility that there are applications that need to be reviewed by website users before using it. If you find a problematic post on our website please feel free to report it via the US Contact page





FullApkZ is also a project dedicated towards the preservation and archival of video games. All game versions present on the site are already out of production and are no longer available in the primary market. Without a service like this, many of the titles available here would be lost and forgotten.



If you own the copyrights to a title hosted on FullApkZ and would like to request removal please note that we process all correct and complete removal requests within 7 working days.


FULLAPKZ - FREE DOWNLOAD ANDROID GAME

To request removal of data, please send a removal request to fullapkz@gmail.com . In your request, please make sure you identify the work, the URL of the page where it appears, your contact information, and your electronic or physical signature. Please note that you must own or represent the copyrights pertaining to the request. You will receive a confirmation once your request has been processed.


Bootloop adalah kerusakan data pada system android yang menyebabkan HP Android tidak dapat melakukan booting dengan sempurna, yaitu Android hanya akan looping mengulang-ulang proses BootAnimation pada saat intro smartphone dinyalakan. Bootloop memang suatu hal yang sangat mengerikan bagi penguna android yang belum pernah atau baru pertama kali (Newbie) Modding atau Oprek Android. Lain cerita jika ini terjadi bagi seorang yang sudah sering melakukan Oprek Android atau biasa dipanggil Mastah, tentunya pasti hanya senyum yang ditampakkan saat Android mengalami Bootloop. Terkadang seseorang melakukan Oprek pada android yang dimiliki karena merasa kurang puas dengan System, Aplikasi, Fitur serta Tampilan android dari stelan pabrik. Banyak sekali seorang yang pertama kali melakukan Oprek Android ingin mencoba melakukan cara modding android tanpa root, hal ini adalah impian para opreker pemula atau biasa menyebut diri mereka sendiri tengan panggilan Newbie.

Mengatasi Android Bootloop Tanpa PC

Apa Penyebab HP Android Bootloop

Android bisa mengalami bootloop karena banyak hal, setiap opreker yang baru pertama kali melakuan modding android pasti akan merasakan kecewa dan menyesal jika hasil oprekan yang dilakuan mengalami kegagalan. Tetapi perlu anda ketahui bahwa untuk menjadi seorang Mastah biasanya dia mengeri betul letak kesalahan dan cara mengatasi masalah tersebut. Jadi jika anda banyak mengalami kegagalan dalam melakukan oprek android jangan berfikir jika anda tidak berbakat dalam melakukan oprek android, anda hanya sedang menerima pembelajaran dari banyak kegagalan yang anda temukan. Sehingga pada satu saat nanti jika anda mendapatkan pertanyaan dari para opreker lainya anda bisa menjawab karena pernah mengalami kesalahan yang sama. Berbeda dengan para Opreker yang satukali langsung berhasil, kesalahan-kesalahan yang spesifik mereka tidak akan mengetahuinya. Sedikit motivasi saya sampaikan agar anda semangat melakuan oprek android. Berikut ini beberapa alasan yang mungkin menyebabkan android anda mengalami Bootloop :
1. Melakukan Uninstall atau Mengganti Aplikasi yang penting di android
2. Prosess Install Root Android yang gagal
3. Edit Data File pada System Android
4. Memaksa Android agar kinerjanya lebih dari yang seharusnya.

Baca Selengkapnya : Penyebab Bootloop Pada HP Android

Mengatasi Android Bootloop Tanpa PC

Perlu diketahui untuk melakukan ini tentunya anda sudah siap dengan resiko yang mungkin akan anda alami. Sangat di anjurkan bagi anda yang takut untuk mengalami resiko seperti hilangnya Data atau bahkan HardBrick maka cukup bagi anda ke Service Center Android anda. Di bawah ini adalah tutorial yang dapat di ikuti HANYA UNTUK OPREKER SEJATI dengan motto "DO WITH YOUR OWN RISK" dengan maksud "PENULIS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DENGAN KERUSAKAN PADA ANDROID ANDA" jika anda memberanikan diri untuk menjadi oprekers silahkan ikuti tutorial di bawah ini yang tentunya "TANGGUNG JAWAB DI TANGAN ANDA". Cara Mengatasi Android Yang Bootloop :
1. Tunggu 1 - 2 Jam atau Sampai Android Mati
Jika anda Android anda mengalami Bootloop sangat dianjurkan untuk menunggu booting android sebelum mengunakan cara lainnya. Terkadang setelah Modifikasi Android prosess booting smarphone pertama kali akan berlangsung lama karena terjadi update system. Jangan panik dulu biarkan android melakukan update yang mungkin akan berlangsung sangat lama. Gunakan kipas agar Android tersebut tidak panas dan Android tetap dingin, biasanya sebagian orang juga menunggunya sambil tidur dan kemudian Android akan pulih setelah bangun nanti karena lamanya proses booting setelah oprek android. Cara ini disebut juga mengatasi bootloop tanpa factory reset.

2. Restart atau Lepas Batrai Android
Jika anda Android tetap bootloop sekalipun sudah melakukan reboot sangat lama bahkan hingga android mati karena kehabisan batrai, maka cara berikutnya adalah melakukan restart smatphone. Pastikan anda suah mengisi Daya Android secukupnya, dan jangan lupa untuk melepas Batrai terlebih dulu, dan juga melepas SIM Card serta Micro SD External pada android anda. Kemudian masukan batrai android dan lakukan Reboot, tunggu hingga android anda berjalan normal. Jika masih gagal ikuti langkah berikutnya. Cara ini disebut juga sebagai mengatasi bootloop tanpa kehilangan data.

3. Wipe Data Dan Wipe Cache
Wipe Data adalah penghapusan data pada android seperti data dari aplikasi yang terinstal pada android anda. Sehingga aplikasi yang menyimpan data file akan terhapus dengan melakukan teknik yang satu ini. Caranya masuk ke Recovery Mode < Pilih Wipe Data + Wipe Cache < Setelah itu lakukan Reboot pada android anda, dan tunggu prosess Booting Smartphone.

4. Factory Reset atau Restore System
Factory Reset adalah proses untuk mengembalikan Android anda ke Stelan pabrik yang mana akan membuat android anda kembali ke model Default yang mungkin akan menyebabkan anda kehilangan data aplikasi serta file lainnya dengan melakukan proses ini. Sedangkan Sytem Restore adalah mengembalikan System android sesuai dengan Data android yang mana jika anda pernah melakukan Backup Android sehingga kali ini anda dapat mengunakannya untuk mengembalikan android sesuai dengan data Backup yang anda punya sebelumnya. Untuk melakukan ini anda dapat mengunakan cara masuk melaui Recovery Mode > CWM > Factory Reset atau System Restore > Pilih Data File Backup yang pernah anda buat dan simpan. Cara ini disebut juga mengatasi bootloop tanpa komputer .

5. Install Custom ROM
Cara ini sangat efektif karena akan mengganti sebagian data file pada system android sehingga dengan menggantinya maka memungkinkan android anda untuk mengganti juga data file bermasalah yang menyebabkan android anda mengalami bootloop. Caranya tentu anda harus memiliki Custom ROM Android sesuai dengan Tipe android anda kemudian menginstallnya melalui CWM. Tentunya anda juga akan kehilangan data serta aplikasi yang telah anda instal sebelumnya. Cara ini dikenal juga dengan sebutan mengatasi Bootloop tanpa PC.

6. Install Ulang Via PC
Jika berbagai cara sudah anda lakukan untuk menghilangkan bootloop pada android anda tetapi masih belum sembuh juga maka cara yang paling dan sangat efektif adalah dengan melakukan Flasing atau lebih dikenal dengan prosess Instal Ulang Android yang membutuhkan bantuan PC atau Laptop dengan berbagai bahan yang diperlukan untuk melakukan instal ulang sesuai dengan Tipe Android anda. Tentunya anda harus mencari terlebih dulu bahan untuk flashing seperti Software Instal Ulang & Firmware Android sesuai dengan Tipe Smartphone yang anda miliki.

7. Service Center 
Jika anda sudah melakukan semua cara dan masih tetap bootloop juga atau bahkan HardBrick maka cara terakhir adalah lakukan Service di Service Center Smartphone yang anda miliki. Saya rasa untuk perbaikan System file mungkin biayanya kurang dari Rp.100.000,- tetapi saya tidak tau begitu pasti. Kerusakan pada System File sangat mudah untuk di perbaiki, sehingga jika mengalami kerusakan pada bagian System maka tidak ada biaya ekstra yang diperlukan untuk mengganti Sparepart seperti jika kerusakan yang terjadi di bagian Hardware.
.

Contact Form

Name

Email *

Message *